Fakta 1: Emma Stone mengakui kalau dia sempat menderita gangguan panik dan kecemasan parah di masa kecil. Emma belajar mengatasinya lewat konseling dan berakting.

Fakta 2:
 Zayn Malik membatalkan pertunjukan yang dijadwalkan pada bulan Juni 2016 di Summertime Ball, London karena ‘serangan panik terburuk dalam hidup’ yang dia alami menjelang pertunjukan.

Fakta 3: Aktris Amanda Seyfried harus rutin meminum obat penenang untuk mengatasi gangguan kecemasan yang sudah lama dideritanya.

Anxiety disorder atau gangguan kecemasan adalah gejala kecemasan dan kepanikan berlebihan yang bisa membuat seseorang ‘lumpuh’ sesaat. Selain rasa cemas yang tak wajar, tanda-tanda lain yang bisa dirasakan adalah detak jantung yang tak normal, keringat dingin, dan rasa sakit di dada. Jika tidak diatasi bisa menyebabkan seseorang tidak bisa menjalani kehidupan dengan normal. Gangguan mental ini memiliki banyak wajah, yaitu panic disorder (gangguan kepanikan), social anxiety disorder, dan generalized anxiety disorder.

page1
emma stone, zayn malik, & amanda seyfried

Cukup banyak selebriti yang mengalami kondisi kejiwaan ini. Selain Emma, Zayn, dan Amanda, selebriti yang juga menderita gangguan kecemasan adalah John Mayer, Ellie Goulding, Oprah Winfrey, Johnny Depp, Adele, dan Scarlett Johansson. Umumnya mereka mengalami serangan panik, cemas, dan gelisah saat harus menghadapi keramaian, entah itu paparazzi, audiens, atau bahkan kerumunan fans. 

Tetapi gangguan mental ini bisa diatasi dengan konseling dan medikasi yang tepat, kok. Keberanian pesohor seperti Emma dalam mengakui kondisinya justru memberi inspirasi bagi banyak orang awam yang mengalami masalah serupa. Soalnya penderita gangguan psiklogis seperti Borderline Personality Disorder (BPD), depresi, dan ADHD sebenarnya memang masih bisa berkiprah serta bersosialisasi secara normal. Asal mereka diberi perawatan tepat dan dikelilingi orang-orang yang suportif.

Tokoh ikonik Holly Golightly (Audrey Hepburn) dalam film Breakfast at Tiffany’s juga digambarkan menderita gangguan kecemasan. Holly mendeskripsikan serangan paniknya dengan kata ‘feeling red’. Untuk mengatasinya, Holly harus menenggak Seconal atau mampir di toko perhiasan Tiffany’s.

 

Sumber: SELF, BBC UK, Marie Claire, WebMD, Calm Clinic

Advertisements